Tautan-tautan Akses

Jaksa PBB Tuntut Hukuman Maksimal atas Karadzic


Mantan pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic saat menghadiri sidang ICC di Den Haag (foto: dok).

Mantan pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic saat menghadiri sidang ICC di Den Haag (foto: dok).

Jaksa PBB Alan Tiegar Senin (29/9) berpendapat mantan tokoh Serbia, Radovan Karadzic harus dihukum penjara seumur hidup jika terbukti bersalah melakukan kejahatan perang.

Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) untuk bekas Yugoslavia di Den Haag telah memulai argumentasi penutup dalam sidang mantan pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic.

Jaksa PBB Alan Tiegar berpendapat Karadzic harus dihukum penjara seumur hidup jika terbukti bersalah melakukan genosida dan kejahatan lainnya selama Perang Bosnia tahun 1990-an yang menewaskan sekitar 100.000 orang.

Para jaksa kejahatan perang menyebut Karadzic pembohong, mengatakan bantahannya sebagai orang yang bertanggung jawab atas kejahatan besar saat dia bertugas, tidak dapat dipercaya. Mereka juga mengatakan Karadzic adalah "penggerak" kampanye genosida etnis terhadap penduduk non-Serbia di Bosnia.

Karadzic didakwa melakukan 11 kejahatan, termasuk genosida Srebrenica, di mana hampir 8.000 lelaki dan anak laki-laki Muslim dibantai oleh pasukan Serbia di bawah komando Jenderal Ratko Mladic.

XS
SM
MD
LG