Tautan-tautan Akses

Serangan Bunuh Diri Boko Haram Tewaskan 30 di Nigeria


Serangan bunuh diri menyasar pasar yang ramai di Madagali, negara bagian Adamawa, Nigeria timur laut Jumat (9/12) pagi.

Paling sedikit 30 orang tewas di Nigeria Timur laut setelah dua orang perempuan penyerang bunuh diri meledakkan bom di pasar yang ramai di kota Madagali Jumat (9/12) pagi, menurut Angkatan Darat Nigeria.

Angkatan Darat Nigeria menyalahkan kelompok Islamis Boko Haram atas serangan itu, yang diketahui telah menggunakan perempuan dan untuk melakukan serangan bunuh diri, meskipun kelompok itu tidak segera mengaku bertanggung-jawab atas pemboman itu.

Yusuf Muhammad, pejabat pemerintah lokal mengatakan, “Kedua pembom itu, yang menyamar sebagai pelanggan, meledakkan bom ikat pinggang mereka di pasar yang menjual biji-bijian dan pakaian bekas.”

Juru bicara Angkatan Darat Mayor Badera Akintoye mengatakan, selain orang-orang yang tewas itu, 67 korban luka-luka diangkut ke rumah sakit.

Daerah Madagali telah berada di bawah kekuasaan Boko Haram beberapa bulan tahun lalu, sebelum dibebaskan oleh militer Nigeria. Namun, Boko Haram masih punya kubu pertahanan di hutan Sambisa di dekatnya.

Boko Haram telah melancarkan beberapa serangan serupa di daerah Madagali selama setahun lalu. Dalam bulan Desember 2015, dua perempuan penyerang bunuh diri menewaskan 30 orang di stasiun bis dekat pasar yang sama itu, dan bulan Juni, serangan militan terhadap upacara pemakaman menewaskan 18 orang.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari, mengatakan Boko Haram secara teknis telah ditaklukkan, bulan Desember 2015, tetapi serangan-serangan mereka terus berlangsung. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG