Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri di Nigeria Timur Laut, 11 Tewas


Letak kota Maiduguri di Nigeria.

Letak kota Maiduguri di Nigeria.

Dua pemboman bunuh diri menewaskan sedikitnya 11 orang dan melukai 24 lainnya di kota Maiduguri, Nigeria timur-laut, pusat pemberontakan tujuh tahun kelompok militan Boko Haram, Sabtu pagi (29/10).

Militer Nigeria mengatakan satu dari bom itu meledak di hadapan sebuah kamp yang dihuni lebih dari 16 ribu orang yang telah mengungsi dari kerusuhan di daerah tersebut. Ledakan kedua terjadi beberapa menit kemudian di luar tempat penyimpanan bahan bakar negara.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab tetapi pemboman itu serupa dengan pemboman sebelumnya yang dilakukan oleh Boko Haram.

Boko Haram sedang berusaha menegakkan negara Islam di Nigeria timur laut dan telah membunuh ribuan orang dan mengakibatkan pengungsian lebih dari dua juta lainnya sejak pemberontakan itu mulai.

Kelompok militan itu belakangan ini meningkatkan serangan setelah sepi selama beberapa bulan karena persaingan kepemimpinan.

Sejak Boko Haram pertama kali mengangkat senjata melawan pemerintah Nigeria tahun 2009, rute perdagangan dan kegiatan pertanian telah terganggu.

UNICEF menaksir sekitar 50 ribu orang anak berisiko meninggal karena kelaparan kalau mereka tidak memperoleh pangan dan hampir 250 ribu lainnya sangat kekurangan gizi.

Walaupun Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah memimpin serangan militer dengan berhasil terhadap kelompok militan itu sejak ia memangku jabatan tahun lalu, Boko Haram masih mampu melakukan serangan-serangan maut.

Kekerasan tersebut tidak terbatas hanya di bagian timur laut Nigeria, karena pertempuran telah meluap ke Niger, Chad dan Kamerun. [gp]

XS
SM
MD
LG