Tautan-tautan Akses

Serangan Bom atas Konsulat India di Afghanistan, 9 Tewas


Pasukan keamanan Afghanistan mengamankan lokasi Konsulat India pasca serangan di Jalalabad, Afghanistan (3/8).

Pasukan keamanan Afghanistan mengamankan lokasi Konsulat India pasca serangan di Jalalabad, Afghanistan (3/8).

Serangan bom mobil bunuh diri terhadap konsulat India di Jalalabad, Afghanistan menyebabkan paling sedikit 9 orang tewas hari Sabtu (3/8).

Tiga pelaku bom mobil bunuh diri menyerang konsulat India di Jalalabad, Afghanistan, Sabtu, menyebabkan paling sedikit 9 orang tewas dan 23 lainnya cedera. Anak-anak yang berada dalam sebuah mesjid di dekatnya adalah diantara yang tewas.

Penguasa mengatakan pengawal menghentikan kendaraan ketika mendekati cekpoin di luar konsulat, dan setelah dua orang meloncat keluar kendaraan, baku tembak terjadi. Mereka mengatakan penyerang ke tiga tinggal di dalam mobil dan memicu bomnya. Ketiga penyerang tewas dalam serangan itu dan menyebabkan mesjid, rumah tinggal dan toko di sekitarnya rusak berat.

Taliban menampik bertanggung jawab atas ledakan itu.

India mengecam keras serangan itu. Tanpa menuduh pihak tertentu, dalam pernyataan, India menyatakan, “Serangan ini sekali lagi menggaris bawahi bahwa ancaman utama terhadap keamanan dan stabilitas Afghanistan berasal dari terorisme.”

Kementerian Luar Negeri India mengatakan semua penjabat India di dalam konsulat itu selamat.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki dalam sebuah pernyataan tertulis Sabtu sore mengatakan, Amerika, mengecam secara keras serangan yang menelan jiwa warga sipil tak bersalah, termasuk perempuan dan anak-anak.

Pernyataan itu mengatakan bahwa meskipun terjadi serangan, Amerika tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra Afghanistan, India dan internasional lainnya untuk membangun sebuah Afghanistan yang aman dan makmur serta bebas dari kekerasan yang tak beralasan ini.
XS
SM
MD
LG