Tautan-tautan Akses

Menlu AS Bahas Babak Baru Kerjasama AS-Pakistan di Islamabad


Menlu AS John Kerry (kanan) disambut oleh PM Pakistan Nawaz Sharif di Islamabad, Pakistan (1/8).

Menlu AS John Kerry (kanan) disambut oleh PM Pakistan Nawaz Sharif di Islamabad, Pakistan (1/8).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Pakistan, untuk membuka babak baru dalam hubungan Washington-Islamabad yang sering berselisih.

Extrimisme Islam, perang di negara tetangganya Afghanistan dan tentangan Pakistan terhadap serangan pesawat tak berawak Amerika diperkirakan menjadi pokok pembicaraan Kerry hari Kamis (1/8) dengan Perdana Menteri Nawaz Sharif yang baru terpilih dan pimpinan angkatan bersenjata yang kuat di Pakistan, Jenderal Ashram Parvez Kayani.

Sharif meraih kekuasaan dalam transisi pertama Pakistan dari satu pemerintahan sipil ke pemerintahan sipil berikutnya. Dalam pertemuan dengan karyawan Kedutaan Amerika di Islamabad, Kerry menyebutnya “transisi bersejarah” yang tidak boleh dianggap kecil oleh siapapun.

Kerry juga membahas peningkatan perasaan anti-Amerika di Pakistan, yang sebagian disebabkan oleh serangan pesawat tak berawak Amerika terhadap kaum ekstrimis Islam. Para pejabat Pakistan memandang serangan itu sebagai pelanggaran kedaulatan mereka.
XS
SM
MD
LG