Tautan-tautan Akses

Senator AS Peringatkan Mesir Atas Penahanan 19 Warga AS


Para pekerja dari Institut Nasional Demokrasi (salah satu lembaga non pemerintah AS) menunggu saat petugas menggerebek kantor mereka di Kairo (Foto: dok).

Para pekerja dari Institut Nasional Demokrasi (salah satu lembaga non pemerintah AS) menunggu saat petugas menggerebek kantor mereka di Kairo (Foto: dok).

John McCain dan Kelly Ayotte dari partai Republik dan Joe Lieberman dari golongan independen mengatakan hari Selasa bahwa dukungan Kongres pada Mesir, termasuk bantuan keuangan, akan terancam.

Tiga orang Senator Amerika memperingatkan bakal terjadi kerusakan besar hubungan dengan Mesir kalau kasus ke-19 warga Amerika yang didakwa melakukan pengumpulan dana secara ilegal tidak diselesaikan segera.

Para Senator itu mengatakan kalangan dalam pemerintah Mesir yang menentang hubungan dengan Amerika Serikat memperuncing ketegangan dan mengobarkan pendapat umum. Meskipun demikian ada orang-orang yang berniat baik di kedua negara yang sedang berusaha keras untuk menyelesaikan krisis tersebut.

Mesir mengatakan 43 orang aktivis, termasuk 19 warga Amerika, yang bekerja pada LSM, akan diadili atas tuduhan mendanai secara ilegal organisasi-organisasi pro-demokrasi. Salah seorang warga Amerika itu adalah Sam LaHood, putra Menteri Perhubungan Ray LaHood.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan warga Amerika dan lain-lain tadinya bekerja untuk membantu pemilu Mesir. Departemen itu mengatakan orang-orang tersebut sama sekali tidak memihak dan tidak mengumpul dana untuk membantu calon manapun.

Mesir sedang mempersiapkan pemilihan presiden yang bertujuan untuk menggantikan pemerintah militer sementara dengan pemerintahan sipil yang terpilih secara demokratis. Pemilu parlemen telah diadakan bulan lalu.

XS
SM
MD
LG