Tautan-tautan Akses

Senator Amerika Serukan Penyelidikan Hubungan Burma-Korea Utara


Senator AS Richard Lugar dari Partai Republik.

Senator AS Richard Lugar dari Partai Republik.

Senator Richard Lugar memperkenalkan resolusi yang meminta Presiden Obama menjelaskan pengalihan peralatan militer Korea Utara ke Burma.

Seorang senator Amerika meminta Presiden Barack Obama untuk menjelaskan kepada Kongres mengenai laporan hubungan militer antara Burma dan Korea Utara.

Senator Richard Lugar dari partai Replublik, ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, telah memperkenalkan sebuah resolusi yang menyerukan Obama agar menjelaskan rincian peralatan militer dan teknologi yang diduga telah dialihkan dari Korea Utara ke Burma. Dalam sebuah pernyataan tertulisnya, Richard Lugar mengatakan kejadian-kejadian di bagian lain di dunia seharusnya tidak mengalihkan perhatian pemerintah Amerika dari masalah tersebut. Resolusi yang diajukan Lugar ini juga meminta Obama untuk mendorong penyelidikan internasional atas tuduhan kejahatan kemanusiaan di Burma.

Amerika telah menduga selama bertahun-tahun bahwa Burma memiliki program nuklir rahasia dengan dukungan Korea Utara. Sebuah dokumen WikiLeaks yang bocor pada bulan Desember menambah kemungkinan kerjasama nuklir Korea Utara dan program bantuan rudal-rudal ke Burma. Namun, dari kawat yang bocor tidak ada konfirmasi yang meyakinkan atas laporan tersebut.

XS
SM
MD
LG