Tautan-tautan Akses

Pemimpin Birma Berkunjung ke Indonesia


Presiden Yudhoyono menerima kunjungan Presiden Birma Thein Sein di Jakarta, Kamis (5/5).

Presiden Yudhoyono menerima kunjungan Presiden Birma Thein Sein di Jakarta, Kamis (5/5).

Kunjungan Presiden Thein Sein sebagian bertujuan untuk menggalang dukungan pengangkatan Birma menjadi ketua ASEAN tahun 2014.

Presiden baru Birma Thein Sein berada di Indonesia untuk kunjungan kenegaraan yang sebagian bertujuan untuk menggalang dukungan pengangkatan negaranya menjadi ketua ASEAN tahun 2014.

Setelah pembicaraan itu, Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan membahas masalah itu lebih lanjut dengan para pemimpin ASEAN dalam KTT yang dimulai hari Sabtu ini di Jakarta.

Birma dijadwalkan mengambil alih posisi bergilir itu tahun 2005, tetapi diblokir setelah Amerika dan Uni Eropa mengancam akan memboikot pertemuan-pertemuan ASEAN di kemudian hari.

Negara-negara Barat mengecam rekor buruk HAM dan tidak adanya kemajuan dalam reformasi demokratis di negara itu.

Lawatan hari Kamis itu merupakan kunjungan kenegaraan pertama Presiden Thein Sein sejak ia dipilih oleh parlemen Birma awal tahun ini.

Presiden Thein Sein bertemu dengan Presiden Yudhoyono di istana kepresidenan di Jakarta. Kedua pemimpin membahas berbagai isu internal dan bilateral.

XS
SM
MD
LG