Tautan-tautan Akses

Parlemen Korea Utara Bersidang, Picu Spekulasi Kim Jong-il Siap Angkat Putranya


Putra bungsu Kim Jong-il, Kim Jong-un, dipersiapkan sejak tahun lalu untuk menggantikan ayahnya.

Putra bungsu Kim Jong-il, Kim Jong-un, dipersiapkan sejak tahun lalu untuk menggantikan ayahnya.

Parlemen Korea Utara sangat jarang bersidang, sehingga memicu dugaan sidang kali ini berkaitan dengan pengangkatan putra Kim Jong-il.

Parlemen Korea Utara bersidang di tengah dugaan pemimpin negara ini yang sakit-sakitan, Kim Jong-il, akan mengangkat putranya ke jabatan tertinggi.

Sidang perlemen Kamis ini adalah yang pertama sejak Kim mengangkat putra bungsunya, Kim Jong-un, jenderal berbintang empat, sebagai Wakil Ketua Komisi Militer Pusat Partai Pekerja yang berkuasa, tahun lalu. Pengangkatan tersebut dipandang sebagai tanda bahwa Kim mempersiapkan Kim Jong-un untuk menggantikannya, sebagaimana ia menggantikan ayahnya Kim Il-sung setelah Kim senior wafat tahun 1994.

Parlemen Korea Utara sangat jarang bersidang, dan sebagian besar peranannya adalah untuk memberikan persetujuan resmi atas berbagai keputusan Kim Jong-il.

Sementara itu, ketegangan tetap berlangsung di Semenanjung Korea setelah dua kali serangan maut Korea Utara terhadap Selatan tahun lalu, yang menewaskan 50 orang warga Korea Selatan.

Mantan Presiden Amerika Jimmy Carter telah mengumumkan rencana berkunjung ke Korea Utara bulan ini. Tapi, ia belum mengungkapkan rincian kunjungannya, yang digambarkan sebagai kunjungan yang bersifat pribadi.

XS
SM
MD
LG