Tautan-tautan Akses

Kongres Amerika Dukung Penyelidikan Pelanggaran HAM di Burma


Kongres dan Senat AS meminta Presiden Obama mengambil tindakan lebih lanjut terhadap situasi di Burma.

Kongres dan Senat AS meminta Presiden Obama mengambil tindakan lebih lanjut terhadap situasi di Burma.

Kongres AS mengikuti langkah Senat mendesak Presiden Barack Obama agar mengambil tindakan baru mengenai pelanggaran HAM di Burma.

Sebuah organisasi HAM Amerika mendukung seruan beberapa anggota Kongres mengenai penegakan komisi PBB untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Burma.

“Kampanye Amerika untuk Burma” mengatakan ke-31 anggota DPR AS tersebut mengikuti jejak para anggota Senat yang bulan lalu meloloskan resolusi yang mendesak Presiden Barack Obama agar mengambil tindakan baru mengenai Burma. Para Senator tersebut meminta kepada Presiden agar melaporkan kepada Kongres mengenai peningkatan hubungan antara Burma dan Korea Utara, dan memimpin usaha penyelenggaraan penyelidikan internasional mengenai pelanggaran oleh pemerintah Burma.

Jumat lalu, ke-31 anggota DPR menulis surat kepada Obama, yang mendesaknya agar mempercepat usaha Amerika untuk menegakkan komisi penyelidikan PBB mengenai Burma. Surat tersebut mengemukakan bahwa pemerintahan Obama telah mendukung dilangsungkannya penyelidikan internasional.

Sekelompok pejabat Asia pekan lalu meminta kepada para pemimpin ASEAN agar menolak permohonan Burma untuk mengetuai pertemuan puncak ASEAN di tahun 2014, kalau pemerintah Burma tidak melaksanakan reformasi demokrasi dan hak asasi sungguh-sungguh.

XS
SM
MD
LG