Tautan-tautan Akses

Bernie Sanders, Donald Trump Fokus ke Pemilihan Berikutnya


Senator Bernie Sanders (kiri) dan Donald Trump (foto: dok).

Senator Bernie Sanders (kiri) dan Donald Trump (foto: dok).

Kandidat Capres Demokrat Bernie Sanders dan kandidat Capres partai Republik Donald Trup meraih kemenangan besar dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire Selasa (9/2).

Sosialis Demokrat Bernie Sanders dan milyarder Donald Trup meraih kemenangan besar dalam pemilihan masing-masing partai di New Hampshire pada Selasa, dan kini fokus kampanye beralih ke pemilihan di South Carolina dan Nevada.

Sanders, senator dari Vermont, mengalahkan secara telak mantan Menlu Hillary Clinton dengan selisih 60 – 38 persen. Trump mengumpulkan 35 persen suara Republik, lebih besar 2 kali dari penentang terdekatnya, Gubernur Ohio John Kasich.

Hasil New Hampshire ini memperkecil jumlah kandidat, dan mantan eksekutif teknologi Carly Fiorina, yang berada di kedudukan ke 7 setelah pemilihan New Hampshire ini, dan Gubernur New Jersey Chris Christie, posisi ke 6, telah mengumumkan pengunduran diri mereka.

Kontestan kampanye Republik kini mengincar pemilihan pada 20 Februari mendatang, di South Carolina. Tiga hari kemudian giliran Nevada melangsungkan nominasi partai Republik. Sementara pada 20 Februari Demokrat menyelenggarakan kontes di Nevada, dan 27 Februari di South Carolina. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG