Tautan-tautan Akses

Trump, Sanders Menang dalam Pemilihan Pendahuluan di New Hampshire


Kandidat Capres AS, Donald Trump (kiri) dari partai Republik dan Senator Bernie Sanders (Demokrat) dilaporkan memenangkan pemilihan pendahuluan di New Hampshire, Selasa (9/2).

Kandidat Capres AS, Donald Trump (kiri) dari partai Republik dan Senator Bernie Sanders (Demokrat) dilaporkan memenangkan pemilihan pendahuluan di New Hampshire, Selasa (9/2).

Dari sebagian suara yang baru dihitung Selasa (9/2), Sanders memimpin dengan 56 persen dibandingkan 42 persen untuk Clinton, sementara di partai Republik Trump memimpin dengan 34 persen suara.

Sosialis Demokrat Bernie Sanders dan milyarder Donald Trump memenangkan pemilihan perdana di New Hampshire, demikian menurut proyeksi media, dan dengan demikian mencatat kemenangan pertama untuk nominasi partai.

Beberapa menit setelah TPS tutup Selasa (9/2), hampir semua media utama mendeklarasikan Sanders dan Trump sebagai pemenang. Dalam persaingan partai Republik yang diamati secara cermat oleh media, Gubernur Ohio John Kasich diproyeksikan di posisi kedua, dibelakang Trump.

Hasil ini sesuai dengan poll jajak pendapat sebelumnya, yang menunjukkan Senator dari Vermont, Sanders, dan milyarder New York Trump memimpin diatas sepuluh persen atas pesaing mereka.

“Kita akan membuat Amerika berjaya lagi,” kata Trump kepada pendukungnya dalam pidato kemenangannya. “Tetapi kita akan melakukan itu sesuai dengan tradisi lama kita.”

“Kita akan mulai menang lagi, kita menang sedemikian besarnya, Anda sekalian akan gembira,” ditambahkan Trump.

Sementara itu, Sanders, dengan tersenyum lebar dan tertawa, sekali lagi menyampaikan pesan bahwa dirinya akan memfokuskan pada ketidak-setaraan ekonomi dalam pidato kemenangannya kepada pendukung yang bersorak sorai.

Hillary yang didampingi suaminya, mantan presiden Bill Clinton tampak tetap bersemangat dan percaya diri, meskipun mengaku dirinya kalah dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire ini.

Pemilih berbondong membanjiri TPS meskipun salju turun, dan antrian panjang terbentuk di seluruh negara bagian.​ [ps/jm]

XS
SM
MD
LG