Tautan-tautan Akses

Sanders, Cruz Menangkan Pemilihan Pendahuluan di Wisconsin


Dari kiri atas, searah jarum jam: Senator Ted Cruz, Hillary Clinton, Bernie Sanders dan Donald Trump (foto; dok). Cruz dan Sanders memenangkan pemilihan di Wisconsin, Selasa (5/4).

Dari kiri atas, searah jarum jam: Senator Ted Cruz, Hillary Clinton, Bernie Sanders dan Donald Trump (foto; dok). Cruz dan Sanders memenangkan pemilihan di Wisconsin, Selasa (5/4).

Kandidat Capres Partai Demokrat Bernie Sanders dan kandidat Partai Republik Ted Cruz dinyatakan sebagai pemenang pemilihan pendahuluan di Wisconsin, Selasa (5/4) malam.

Hari Selasa (5/4) malam merupakan malam yang sukses bagi kandidat Presiden Amerika yang bukan unggulan dengan jaringan-jaringan televisi memproyeksikan kandidat Partai Demokrat Bernie Sanders dan kandidat Partai Republik Ted Cruz sebagai pemenang pemilihan pendahuluan di Wisconsin.

Cruz mengalahkan unggulan Donald Trump dengan kemenangan telak sementara Gubernur Ohio John Kasich berada di urutan ketiga. Jajak-jajak pendapat pemilihan hari Selasa menunjukkan senator itu mengungguli Trump dan Kasich.

Wisconsin adalah negara bagian dimana pemenang akan meraih semua suara delegasi negara bagian untuk Partai Republik artinya Cruz akan mendapat ke 42 suara delegasi.

“Tuhan memberkati negara bagian Wisconsin,” kata Cruz kepada pendukungnya setelah proyeksi itu. “Malam ini adalah titik penentu. Menunjukkan kemenangan.”

Bagi Partai Demokrat, Senator asal Vermont, Bernie Sanders diproyeksikan akan mengalahkan mantan Menlu Hillary Clinton tapi keduanya akan memperebutkan suara 96 delegasi.

Menjelang pemilihan dini Wisconsin, Sanders telah memenangkan lima dari enam pemilu partai Demokrat. Tapi Clinton terus unggul dari Sanders dalam perolehan delegasi secara keseluruhan, khususnya untuk delegasi super.

Pihak Partai Republik bermaksud menghadang miliarder Trump menghadapi ujian penting di Wisconsin mungkin kesempatan terbaik mereka untuk mengerem kampanye Trump dan harapannya memperoleh 1237 delegasi sebelum konvensi partai bulan Juli mendatang.

Menolak memberi suara delegasi yang diperlukan Trump untuk mengklaim pencalonan sebelum bulan Juli akan mengarah pada konvensi yang dipertentangkan dan hasil yang tidak terduga yang ingin dihindari pendukung Trump.
Menjelang pemilihan dini Wisconsin Trump mengantongi 737 suara delegasi sementara Cruz 475 suara delegasi dan Gubernur Ohio John Kasich menyusul dengan 143 delegasi.

Wisconsin juga menjadi ujian bagi pihak Partai Demokrat.

Sanders harus memenangkan 67 % dari delegasi yang tersisa dan delegasi super yang belum menentukan sikap untuk bisa mengimbangi Clinton sejauh ini Sanders sudah memenangkan 37 % suara.

Meskipun Sanders dinyatakan sebagai pemenang resmi pemilu Wisconsin, kecil kemungkinannya ia menang besar. Kalangan Demokrat memberi delegasi secara proporsional jadi kemenangan tipis bagi kedua kandidat berarti Sanders dan Clinton akan mendapat jumlah delegasi yang hampir sama.

Trump dan Cruz mendesak Kasich untuk keluar dari persaingan tapi Kasich sebelumnya mengatakan ia akan bertahan.

Trump berusaha mengumpulkan pemilih Wisconsin dengan mengingatkan daya Tarik pertamanya adalah seorang dari kalangan luar politik yang siap membawa etika bisnis ke Gedung Putih. [my/al]

XS
SM
MD
LG