Tautan-tautan Akses

Gerakan Anti-Trump Cari Terobosan di Wisconsin


Kandidat Capres partai Republik, Donald Trump (kiri) diperkirakan bersaing ketat dengan Senator Ted Cruz dalam pemilihan di negara bagian Wisconsin (foto: dok).

Kandidat Capres partai Republik, Donald Trump (kiri) diperkirakan bersaing ketat dengan Senator Ted Cruz dalam pemilihan di negara bagian Wisconsin (foto: dok).

Tempat-tempat pemungutan suara hari dibuka untuk pemilihan pendahuluan calon presiden Partai Demokrat dan Partai Republik di negara bagian Wisconsin Selasa (5/4).

Tempat-tempat pemungutan suara hari Selasa (5/4) dibuka untuk pemilihan pendahuluan calon presiden Partai Demokrat dan Partai Republik di Wisconsin, di mana Senator Texas Ted Cruz dan Senator Vermont Bernie Sanders berusaha mencapai perolehan besar untuk mengalahkan kandidat terdepan untuk nominasi masing-masing partai.

Kalangan Partai Republik yang bertekad memblokir pengusaha miliarder Donald Trump kini menghadapi ujian kunci di negara bagian itu, yang kemungkinan merupakan kesempatan terbaik mereka untuk memperlamban keberhasilan kubu Trump dan harapannya untuk memperoleh 1.237 delegasi yang berkomitmen sebelum konvensi partai bulan Juli di Cleveland, Ohio.

Ketidakberhasilan Trump memperoleh jumlah delegasi diperlukannya untuk mengklaim nominasi sebelum Juli dapat membuat konvensi itu menjadi apa yang disebut “contested convention” di Cleveland, suatu hasil tidak pasti yang ingin dihindari oleh pendukung Trump.

Contested convention diadakan jika tidak ada seorang pun kandidat yang mengumpulkan jumlah delegasi yang cukup untuk secara otomatis menerima nominasi partai yang bersangkutan.

Jajak terbaru di Wisconsin menempatkan saingan Trump, yakni Ted Cruz dalam posisi memimpin dan Gubernur Ohio John Kasich tertinggal jauh di belakang. [lt/is]

XS
SM
MD
LG