Tautan-tautan Akses

Ribuan Demonstran Tiba di Bangkok


Mereka datang berdemo bertujuan menggulingkan pemerintah Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjaihiva.

Ribuan demonstran dari daerah pertanian Thailand utara telah mulai berdatangan di Bangkok untuk berdemo yang bertujuan menggulingkan pemerintah Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjaihiva.

Truk dan kendaraan lain memenuhi jalan-jalan raya menuju iibukota Sabtu sementara pasukan keamanan menggeledahi mereka, menjelang demonstrasi yang direncanakan akan diadakan Ahad. Demo berencana akan memulihkan kekuasaan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang telah digulingkan.

Panyelenggara demo mengatakan, antara 600 ribu dan 700 ribu pendukung Front Persatuan bagi Demokrasi Menentang Kediktatoran [UDD] akan bergerak-jalan di Bangkok.

Sekitar 50 ribu anggauta polisi, militer dan pasukan keamanan merondai Bangkok. Pemerintah telah memberlakukan undang-undang keamanan dalam negeri yang membolehkan militer memberlakukan larangan keluar rumah dan membatasi kebebasan bergerak.

Panyelenggara demo mengatakan, demo itu akan berlangsung secara damai. Demonstran, yang terkenal mengenakan kaos merah, berusaha memaksa PM Abhisit meletakkan jabatan dan menyerukan agar diadakan pemilu baru.

Kudeta militer menyingkirkan Thaksin dari kekuasaan pada tahun 2006. Pada saat para pendukungnya mengadakan demo protes pada April 2009, telah timbul kerusuhan dan dua orang tewas.

XS
SM
MD
LG