Tautan-tautan Akses

Para Demonstran Thailand Bersumpah Untuk Kacaukan Bangkok


Puluhan ribu aktivis membanjiri jalan-jalan di Bangkok sejak tanggal 14 Maret lalu, guna menekan PM Abhisit Vejjajiva agar membubarkan parlemen.

Para demonstran anti pemerintah di Thailand bersumpah akan mengacaukan ibukota dengan sebuah aksi unjukrasa besar yang baru, yang ditujukan untuk memaksa diselenggarakannya sebuah pemilu baru. Puluhan ribu aktivis membanjiri jalan-jalan di Bangkok sejak tanggal 14 Maret lalu, guna menekan PM Abhisit Vejjajiva agar membubarkan parlemen. Tetapi jumlah mereka kian mengecil, dan para pemimpin protes mengatakan mereka akan mengobarkan kembali perlawanan mereka terhadap pemerintah dengan sebuah

demonstrasi masa Saptu mendatang. Sabtu lalu, parade 65.000 aktivis melalui jalan-jalan ibukota dalam sebuah pawai mobil, truk dan sepeda motor yang bising.

Para pemrotes mengutarakan bahwa pemerintahan Abhisit mengambil-alih kekuasaan secara tidak sah dengan dukungan militer, setelah putusan peradilan membubarkan dua pemerintahan yang bersekutu dengan PM Thaksin Shinawatra yang digulingkan. Menurut Abhisit, pemerintahannya akan mendengarkan saran para pengecam mereka, tetapi tidak akan membubarkan parlemen atau merencanakan sebuah pemilu baru.

Sejauh ini aksi protes itu telah berjalan dengan damai.

XS
SM
MD
LG