Tautan-tautan Akses

Presiden Brazil di Ambang Pemakzulan


Presiden Brazil Dilma Rousseff (Foto: dok).

Presiden Brazil Dilma Rousseff (Foto: dok).

Presiden Brazil Dilma Rousseff kemungkinan hanya tinggal beberapa jam lagi menduduki jabatannya pada saat Senat negara itu memulai debat mensenai pakah ia akan diadili, Rabu (11/5).

Pemungutan suara untuk menghentikan jabatan Rousseff dan awal pengadilan pemakzulan diperkirakan berlangsung Rabu malam atau Kamis pagi.

Jajak-jajak pendapat surat kabar mengindikasikan bahwa 50 senator diperkirakan akan memberikan suara mendukung diselenggarakannya pengadilan terhadap Rouseseff, lebih banyak dari mayoritas yang dibutuhkan. Namun tidak jelas apakah para senator tersebut juga akan menudingnya bersalah.

Rousseff dituduh memanipulasi dana untuk menyembunyikan kondisi keuangan negara selama kampanye pencalonan dirinya kembali untuk jabatan presiden pada 2014. Rousseff mengatakan, para pesaingnya, termasuk Wakil Presiden Michel Temer, yang juga sedang diselidiki karena tuduhan korupsi, berusaha melakukan kudeta.

Proses pemakzulan Rousseff sempat membingungkan pada Senin lalu setelah penjabat ketua majelis rendah mengatakan keputusan bulan lalu untuk menyerahkan masalah ini ke Senat tidak sah. Ia mengatakan, Rousseff tidak pernah diberi kesempatan untuk membela diri sehingga pemungutan suara menyangkut pemakzulannya itu tidak sah. Namun belakangan ia menarik pernyataannya tersebut dan pemimpin Senat Renan Calheiros mengatakan debat dan pemungutan suara dilangsungkan Rabu sesuai jadwal. [ab/as]

XS
SM
MD
LG