Tautan-tautan Akses

Presiden Sudan Selatan Kunjungi Tiongkok


Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir (kanan) disambut Presiden Tiongkok Ho Jintao (kiri) dengan upacara kenegaraan di Beijing (24/4).

Presiden Sudan Selatan, Salva Kiir (kanan) disambut Presiden Tiongkok Ho Jintao (kiri) dengan upacara kenegaraan di Beijing (24/4).

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir, mengadakan kunjungan ke Tiongkok, Selasa (24/4) untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Tiongkok, Hu Jintao.

Sudan Selatan mengatakan beberapa hari mendatang akan sangat penting untuk menghindarkan perang besar-besaran dengan tetangganya di utara, Sudan.

Dalam kunjungannya di Tiongkok untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao, Selasa (24/4), Presiden Sudan Selatan Salva Kiir mengatakan pemboman wilayah Sudan Selatan oleh Sudan setelah pasukan Sudan Selatan ditarik dari kota minyak yang menjadi pangkal pertempuran baru-baru ini, merupakan pernyataan perang terhadap negaranya.

Pemimpin Tiongkok meminta pengekangan diri kedua Sudan. Televisi pemerintah Tiongkok melaporkan bahwa Hu mengutarakan harapan bahwa kedua Sudan akan menghentikan sengketa di perbatasan dan menyelesaikan perselisihan mereka melalui perundingan damai.

Gedung Putih mengutuk pelanggaran wilayah Sudan Selatan oleh militer Sudan, Selasa (25/4). Jurubicara Gedung Putih, Jay Carney, mengatakan Amerika Serikat meminta kepada kedua negara agar menyepakati gencatan senjata segera dan mencapai penyelesaian melalui perundingan.
XS
SM
MD
LG