Tautan-tautan Akses

Pasukan Sudan Selatan Mundur dari Heglig


Warga Sudan bersorak gembira saat Presiden Omar al-Bashir mengumumkan kemenangan mereka atas Sudan Selatan di Khartoum (20/4)

Warga Sudan bersorak gembira saat Presiden Omar al-Bashir mengumumkan kemenangan mereka atas Sudan Selatan di Khartoum (20/4)

Para pejabat Sudan mengklaim bahwa 400 tentara Sudan Selatan tewas dalam pertempuran memperebutkan kota Heglig, daerah kaya minyak yang diklaim kedua negara.

Pasukan Sudan Selatan menyelesaikan penarikan mereka dari Heglig hari Minggu, dengan mengatakan jumlah tentaranya yang tewas jauh lebih kecil daripada yang diklaim Sudan. Taksiran korban di Sudan tidak mungkin diperiksa kebenarannnya.

Pertempuran memperebutkan Heglig dan ladang-ladang minyaknya yang kaya menimbulkan kekhawatiran akan perang besar-besaran, kurang dari setahun setelah Sudan Selatan memproklamasikan kemerdekaan dari Utara.

Sudan Selatan mengatakan pihaknya menarik pasukan dari Heglig karena tekanan internasional. Tetapi, Sudan mengatakan pasukan Selatan ditarik karena mereka sudah hampir kalah.

Masyarakat internasional menekan kedua pihak agar menghentikan serangan lintas perbatasan dan memulai kembali dialog untuk menyelesaikan masalah yang masih ada, termasuk penghasilan minyak dan sengketa kewarga-negaraan.

Presiden Amerika Barack Obama menghimbau kepada kedua negara agar menghindarkan perang dan kembali ke pembicaraan perdamaian. Ia mengatakan tidak ada penyelesaian militer untuk sengketa mereka.
XS
SM
MD
LG