Tautan-tautan Akses

Sudan Selatan akan Mundur dari Ladang Sengketa


Pemimpin negosiasi yang mewakili Sudan Selatan, Pagan Anum, berbicara dalam konferensi pers di Nairobi, Kenya (13/4).

Pemimpin negosiasi yang mewakili Sudan Selatan, Pagan Anum, berbicara dalam konferensi pers di Nairobi, Kenya (13/4).

Keputusan mundur dari ladang minyak yang disengkatakan ini muncul di tengah ancaman perang dari Sudan dan tekanan dari berbagai negara.

Sudan Selatan mengatakan akan menarik pasukannya dari ladang minyak Heglig yang direbutnya dari Sudan, menyusul tekanan internasional yang kini berkembang dalam beberapa hari terakhir.

Berbicara kepada para wartawan Jumat di ibukota Sudan Selatan, Juba, seorang juru bicara pemerintah mengatakan Presiden Salva Kiir telah memerintahkan penarikan pasukan dari Heglig, yang juga dikenal sebagai Panthou.

Pada hari Kamis, Sekjen PBB Ban Ki-moon mengistilahkan pendudukan Heglig oleh Sudan Selatan sebagai tindakan ilegal yang melanggar kedaulatan Sudan.

Presiden Sudan Omar al-Bashir telah mengancam akan berperang dengan Sudan Selatan dan memberi pelajaran dengan cara paksa kepada pemerintah Sudan Selatan.

Kedua negara tersebut telah berperang sepanjang perbatasan mereka yang disengketakan, namun Utusan Khusus PBB untuk Sudan, Princeton Lyman, mengatakan, bahwa kedua pihak ingin menghindari konflik yang lebih besar.

Kedua Sudan tersebut kesulitan menyelesaikan sengketa menyangkut masalah perbatasan, minyak dan kewarganegaraan yang berawal sejak Sudan Selatan secara resmi memisahkan diri dari Sudan pada bulan Juli lalu.
XS
SM
MD
LG