Tautan-tautan Akses

Presiden China Mampir Pakistan Sebelum ke Indonesia


Presiden Pakistan Mamnoon Hussain (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di Beijing. (Foto: Dok)

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di Beijing. (Foto: Dok)

Xi Jinping diperkirakan akan menyaksikan penandatanganan beberapa persetujuan investasi dengan Pakistan, terutama dalam perindustrian energi dan angkutan.

China mengatakan Presiden Xi Jinping akan berkunjung ke negara sekutu erat Pakistan pekan depan untuk memenuhi kunjungan yang ditangguhkan tahun lalu karena demonstrasi massa anti-pemerintah di ibukota Pakistan.

Kementerian Luar Negeri mengatakan Xi akan mengunjungi Pakistan Senin (20/4) dan Selasa sebelum berangkat ke Indonesia.

China dan Pakistan telah lama memelihara hubungan militer dan politik yang erat, yang sebagian didasari ketidak senangan terhadap tetangga mereka, India.

Namun, hubungan China-India yang lebih kuat telah bertentangan dengan persepsi itu dan kunjungan Xi tampaknya dimaksudkan untuk menenangkan Pakistan bahwa hubungan tetap kuat.

Setelah penangguhan kunjungannya tahun lalu, Xi melakukan kunjungan ke India yang diharapkan dapat meningkatkan perdagangan dan investasi.

Xi diperkirakan akan menyaksikan penandatanganan beberapa persetujuan investasi dengan Pakistan, terutama dalam perindustrian energi dan angkutan.

XS
SM
MD
LG