Tautan-tautan Akses

Xi Jinping membatalkan kunjungannya karena protes politik yang sedang berlangsung di Islamabad.

Perdana Menteri Pakistan mengatakan hari Jumat (5/9) bahwa pemimpin China Xi Jinping membatalkan apa yang akan menjadi kunjungan kepresidenan Xi yang pertama ke sekutu lama negaranya karena protes politik yang sedang berlangsung di Islamabad. Xi dijadwalkan untuk mengunjungi saingan Pakistan, India, bulan ini.

Perdana Menteri Nawaz Sharif mengirim pesan tweeter hari Jumat yang mengatakan bahwa kunjungan itu ditunda dan menyalahkan para demonstran anti-pemerintah yang menuntut pengunduran dirinya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Qin Gang mengelak dari pertanyaan tentang penundaan, dan mengatakan kunjungan itu belum secara resmi diumumkan.

Kunjungan tersebut seharusnya menjadi kunjungan Xi yang pertama ke Pakistan sejak mulai menjabat tahun lalu. Kunjungan tersebut sedianya akan dilakukan pada pertengahan September.

Dia dijadwalkan akan mengunjungi India pada akhir September di tengah menghangatnya hubungan antara kedua raksasa Asia itu. India dan China umumnya telah mendiamkan untuk sementara sengketa perbatasan yang menyebabkan perang tahun 1962.

XS
SM
MD
LG