Tautan-tautan Akses

Presiden Burma Janjikan RUU Investasi Asing akan Segera Selesai


Presiden Burma Thein Sein dalam konferensi pers hari Minggu (21/10) mengatakan RUU investasi asing di negaranya akan selesai dalam beberapa hari.

Presiden Burma Thein Sein dalam konferensi pers hari Minggu (21/10) mengatakan RUU investasi asing di negaranya akan selesai dalam beberapa hari.

Presiden Burma Thein Sein mengatakan RUU yang lama tertunda untuk meningkatkan investasi asing di negaranya akan selesai dalam beberapa hari.

Berbicara hari Minggu di ibukota Naypyitaw, Presiden Burma, Thein Sein mengatakan rancangan akhir mengenai RUU investasi asing akan selesai dalam beberapa hari mendatang setelah perdebatan dan perubahan selama berbulan-bulan oleh parlemen dan kantor kepresidenan.

Thein Sein berkomentar demikian dalam konferensi pers pertamanya untuk media Burma sejak menjabat tahun lalu sebagai kepala pemerintahan separuh sipil yang mengakhiri kediktatoran militer selama beberapa dekade.

Presiden Sein antusias untuk menarik investor asing ke Burma guna mempercepat modernisasi ekonominya yang belum berkembang. Tapi para pengusaha Burma telah melobi sejumlah pembatasan terhadap investasi asing untuk mempertahankan monopoli mereka dan mencegah pengambil alihan asing terhadap usaha patungan. Sebagian pejabat Burma telah mengecam draft terakhir RUU itu sebagai terlalu proteksionis.

Perusahaan raksasa Amerika General Electric dan Coca-Cola telah bekerja sama dengan para distributor Burma untuk menjangkau konsumen lokal. Tapi perusahaan-perusahaan multinasional lainnya telah meminta kejelasan mengenai UU Burma sebelum berinvestasi di negara yang kaya sumber alam itu.
XS
SM
MD
LG