Tautan-tautan Akses

AS Puji Dialog HAM Pertama dengan Pemerintah Burma


Juru bicara Deplu AS Victoria Nuland menyatakan puas dengan dialog pertama soal HAM antara AS dan Burma di Naypyidaw (foto: dok).

Juru bicara Deplu AS Victoria Nuland menyatakan puas dengan dialog pertama soal HAM antara AS dan Burma di Naypyidaw (foto: dok).

Pemerintah AS menyebut dialog HAM pertama itu “sangat positif” dan jalur telah terbuka untuk membahas isu-isu sensitif dengan para pemimpin Burma.

Amerika menyebut dialog hak asasi yang pertama dilakukannya dengan pemerintah Burma sebagai hal yang “sangat positif”, dan bahwa sekarang Washington mempunyai jalur terbuka untuk membahas isu-isu sensitif dengan para pemimpin Burma.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Victoria Nuland hari Rabu mengatakan bahwa berbagai isu hak asasi dibahas dalam pembicaraan di Naypyidaw.

Menurut Nuland, Washington semula tidak yakin apakah Burma akan mau membahas isu-isu sensitif seperti tahanan politik. Tetapi ditegaskan bahwa ternyata mereka bersedia, dan suasana pembicaraan sangat baik.

Burma telah membebaskan sebagian tahanan politik dan melakukan reformasi lain sejak pemerintah sipil mulai berkuasa tahun lalu, menggantikan kekuasaan totaliter tentara puluhan tahun.

Menanggapi perkembangan itu, Amerika mencabut banyak sanksi yang bertujuan mengucilkan perekonomian Burma.
XS
SM
MD
LG