Tautan-tautan Akses

Poroshenko Unggul dalam Perolehan Suara Pilpres Ukraina


Kandidat Presiden Ukraina, Petro Poroshenko dalam konferensi pers di Kyiv, Senin (25/5).

Kandidat Presiden Ukraina, Petro Poroshenko dalam konferensi pers di Kyiv, Senin (25/5).

Komisi pemilihan presiden Ukraina mengatakan setelah sekitar sepertiga dari surat suara yang dihitung, Petro Poroshenko unggul dengan 54 persen suara, Senin (26/5).

Hasil awal dari pemilihan presiden Ukraina menunjukkan miliarder pembuat permen dan mantan perdana menteri Petro Poroshenko unggul dalam perolehan suara.

Komisi pemilihan negara itu mengatakan hari Senin bahwa Petro Poroshenko unggul dengan 54 persen suara dengan sekitar sepertiga dari surat suara yang sudah dihitung.

Mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko berada di tempat kedua dengan 13 persen suara.

Poroshenko mengklaim kemenangan hari Minggu (25/5), setelah jajak pendapat dari orang-orang yang baru mencoblos menunjukkan dia memenangkan 56 persen suara, dan mengatakan ia siap untuk berunding dengan para pejabat Rusia.

Separatis pro-Rusia mengancam akan mengganggu pemungutan suara itu dan menghambat akses ke tempat-tempat pemungutan suara di Ukraina timur. Tidak ada tempat pemungutan suara yang buka di kota Donetsk yang dikuasai kaum separatis, sementara kurang dari 16 persen jumlah pemilih dilaporkan memberikan suara di seluruh wilayah Donetsk.
XS
SM
MD
LG