Tautan-tautan Akses

Poroshenko Diperkirakan Menang Pilpres Ukraina


Bilyuner Ukraina, Petro Poroshenko berbicara kepada pendukungnya di depan papan pengumuman perolehan suara pilpres di Kyiv, Ukraina (25/5).

Bilyuner Ukraina, Petro Poroshenko berbicara kepada pendukungnya di depan papan pengumuman perolehan suara pilpres di Kyiv, Ukraina (25/5).

Beberapa jajak pendapat menunjukkan bahwa bilyuner yang juga mantan menteri luar negeri Ukraina Petro Poroshenko memenangkan pemilu presiden hari Minggu (25/5).

Beberapa jajak pendapat memperlihatkan bilyuner Petro Poroshenko meraih 56 persen suara, sementara mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko berada pada tempat kedua dengan 13 persen suara.

Hasil akhir diperkirakan akan diketahui hari Senin.

Pemerintah Ukraina berkeras tetap menyelenggarakan pemilu meski ada ancaman dari separatis pro-Rusia di Ukraina Timur yang memblokir akses menuju ke TPS-TPS. Tidak ada TPS yang dibuka di kota Donetsk yang dikuasai kelompok separatis itu, meskipun dilaporkan ada 16% pemilih yang tetap datang ke TPS di seluruh Donetsk.

Presiden Amerika Barack Obama menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Ukraina yang berhasil membuat suara mereka tetap terdengar di tengah berbagai ancaman dan provokasi. Obama mengatakan warga Ukraina telah berulangkali menunjukkan niat mereka untuk memilih pemimpin mereka sendiri dan hidup dalam demokrasi.

Presiden Obama mengatakan Amerika ingin bekerjasama dengan presiden baru Ukraina dan parlemen terpilih.
XS
SM
MD
LG