Tautan-tautan Akses

Polisi Norwegia Mungkin Temukan Gerbang Kamp Konsentrasi Nazi


Lokasi bekas kamp konsentrasi Dachau Nazi di Dachau, Jerman (foto: ilustrasi).

Lokasi bekas kamp konsentrasi Dachau Nazi di Dachau, Jerman (foto: ilustrasi).

Polisi di Jerman mengatakan gerbang yang pernah menghias pintu masuk kamp konsentrasi 'Dachau Nazi', mungkin telah ditemukan di Norwegia barat.

Pintu gerbang itu, yang memuat tulisan “Arbeit macht frei” atau “ Kerja akan membebaskan Anda” ditemukan dekat kota Bergen di barat-daya Norwegia. Polisi negara-bagian Bavaria mengatakan, telah mendapat petunjuk dari orang yang tidak mau disebut namanya.

Polisi tidak mengukuhkan bahwa gerbang itu adalah gerbang yang dicuri, tetapi dalam pernyatan, mengatakan “dari gambar yang dikirim, polisi yakin bahwa mungkin sekali gerbang itu adalah gerbang besi yang dicuri dari Dachau”.

Gerbang seberat 100 kilogram itu dicuri dua tahun yang lalu dari bekas kamp konsentrasi, yang terletak hanya beberapa kilometer di luar kota Munich.

Orang-orang Nazi menggunakan kamp itu dalam Perang Dunia Kedua untuk membantai lebih dari 41 ribu orang Yahudi sebelum tempat itu dibebaskan oleh pasukan Amerika dalam tahun 1945.

Sebuah gerbang serupa dicuri dalam tahun 2009 dari bekas kamp maut Nazi Auschwitz di Polandia oleh warga Neo-Nazi bernama Anders Hoegstrom. Dia ditangkap dan dipenjara lebih dari dua tahun karena melakukan pencurian itu. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG