Tautan-tautan Akses

Pilgub 12 Negara Bagian di Meksiko Diwarnai Aksi Kekerasan


Warga Meksiko memasukkan kartu suara di salah satu TPS (foto: dok). Pilgub di Meksiko hari Minggu (5/6) diwarnai oleh berbagai aksi kekerasan.

Warga Meksiko memasukkan kartu suara di salah satu TPS (foto: dok). Pilgub di Meksiko hari Minggu (5/6) diwarnai oleh berbagai aksi kekerasan.

Pemerintah Meksiko melaporkan terjadinya insiden kekerasan terkait pemilihan gubernur di 12 negara bagian, hari Minggu (5/6).

Pemerintah dan para pemimpin politik hari Minggu (5/6) melaporkan terjadinya insiden kekerasan terkait pemilu di Meksiko ketika 12 negara bagian melangsungkan pemilu untuk memilih gubernur baru.

Di Veracruz, aliansi dua partai politik yang mendukung kandidat oposisi mengeluhkan serangan terhadap anggota-anggota partai di tujuh kotamadya, termasuk pembakaran beberapa mobil dan pelemparan bom molotov ke kantor partai di bukota Xalapa.

Jose Mancha Alarcon, pemimpin Partai Aksi Nasional mengatakan para penyerang menyerbu rumah walikota Acajete dan membakarnya.

Di kota Emiliano Zapata – di dekat Xalapa – sebuah kepalamanusia ditinggalkan begitu saja di taman, yang terletak hanya beberapa langkah dari sebuah TPS.

Sekjen Urusan Keamanan Veracruz Arturo Bermudez memastikan bahwa supir seorang anggota parlemen lokal telah diculik. Anggota parlemen itu adalah anggota aliansi kelompok oposisi dalam kampanye gubernur.

Sementara itu SMS ancaman yang mengingatkan warga untuk tidak datang ke TPS juga dikirim ke telefon-telefon seluler di Veracruz.

Suratkabar Meksiko “El Universal” melaporkan, para penyerang dengan pentungan dan batu merusak puluhan bis yang membawa materi kampanye di negara bagian Sinaloa. Ditambahkan bahwa orang-orang di negara bagian Oaxaca, di sebelah selatan, membakar sejumlah surat suara dan mengancam akan mencegah dibukanya TPS-TPS, sementara di Zacatecas sebuah bom bensin dilemparkan ke pintu depan rumah seorang anggota Kongres negara bagian itu.

Veracruz adalah negara bagian penting dalam pemilihan gubernur hari Minggu, yang bisa menyebabkan Institutional Revolutionary Party untuk merebut jabatan presiden tahun 2018.

Partai itu berkuasa tanpa gangguan di lima dari 12 negara bagian – termasuk Veracruz – selama lebih dari 80 tahun. [em/ii]

XS
SM
MD
LG