Tautan-tautan Akses

Hakim Meksiko Setuju Raja Narkoba El Chapo Diekstradisi ke AS


Raja narkoba Joaquin 'El Chapo' Guzman dikawal tentara di hanggar milik Jaksa Agung di Mexico City, Meksiko, 8 Januari 2016.

Raja narkoba Joaquin 'El Chapo' Guzman dikawal tentara di hanggar milik Jaksa Agung di Mexico City, Meksiko, 8 Januari 2016.

Seorang hakim lain di Meksiko menyetujui permintaan ekstradisi terpisah dari California pekan lalu, di mana Guzman telah didakwa melakukan perdagangan kokain.

Seorang hakim federal kedua di Meksiko telah menyetujui permintaan Amerika untuk mengekstradisi gembong narkoba Joaquin Guzman, yang lebih dikenal dengan nama "El Chapo."

Permintaan yang disetujui Senin (16/5) itu adalah dari pengadilan federal Amerika di Texas, di mana Guzman menghadapi tuduhan perdagangan narkoba, pencucian uang dan pembunuhan.

Seorang hakim lain di Meksiko menyetujui permintaan ekstradisi terpisah dari California pekan lalu, di mana Guzman telah didakwa melakukan perdagangan kokain.

Masih diperlukan waktu beberapa lama sebelum Guzman dikirim ke Amerika Serikat.

Kementerian Luar Negeri Meksiko mempunyai waktu 20 hari untuk menyetujui permintaan ekstradisi tersebut dan para pengacara Guzman mempunyai waktu 30 hari untuk mengajukan banding.

Guzman adalah raja narkoba paling kuat di Meksiko dan salah satu penjahat paling dicari di dunia.

Dia ditahan di sebuah penjara Meksiko di Ciudad Juarez, di perbatasan Meksiko dengan Texas, Amerika.

Pihak berwenang menangkapnya pada bulan Januari setelah dia melarikan diri tahun lalu dari sebuah penjara yang keamanannya dijaga paling ketat dengan merangkak melalui lubang kamar mandi yang menuju ke terowongan panjang. [sp]

XS
SM
MD
LG