Tautan-tautan Akses

Pertandingan Portugal-AS Pecahkan Rekor Penonton di Amerika


Warga Amerika menonton pertandingan Grup G Piala Dunia antara Portugal dan Amerika Serikat (22/6) di Newport Beach, California.

Warga Amerika menonton pertandingan Grup G Piala Dunia antara Portugal dan Amerika Serikat (22/6) di Newport Beach, California.

Nielsen mengatakan pertandingan seru yang berakhir imbang 2-2 itu ditonton rata-rata oleh 24,7 juta orang lewat saluran ESPN dan Univision.

Pertandingan Piala Dunia 2014 antara Amerika Serikat dan Portugal minggu lalu meraih penonton terbanyak dalam sejarah acara sepakbola di Amerika, mengindikasikan olahraga itu semakin populer di negara itu.

Nielsen mengatakan pertandingan seru yang berakhir imbang 2-2 itu ditonton rata-rata oleh 24,7 juta orang lewat saluran ESPN dan Univision. Angka itu sama dengan jumlah orang Amerika yang menonton final Piala Dunia 2010 antara Spanyol dan Belanda.

Sejumlah faktor yang ikut berperan: minat menonton timnas Amerika sangat tinggi setelah kemenangan sebelumnya atas Ghana dan minat menonton Piala Dunia secara umum juga tinggi. Disiarkan Minggu malam, berarti lebih banyak orang Amerika bisa menonton pertandingan itu.

Selama ini sepakbola belum meraih popularitas seperti di seluruh penjuru dunia, tetapi minat terus meningkat sejak Amerika menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 1994.

Sejauh ini, rata-rata 4,3 juta orang Amerika menonton Piala Dunia 2014 lewat saluran ESPN, atau naik 50 persen dari Piala Dunia 2010. Sementara itu 6,5 juta orang Amerika menonton lewat Univision yang berbahasa Spanyol – terbanyak untuk pertandingan Amerika di saluran itu.

Banyak orang keturunan Amerika Latin yang biasa mengikuti pertandingan negara asal mereka lewat Univision kini menjadikan Amerika sebagai tim favorit kedua mereka, ujar presiden Univision Sports Juan Carlos Ramirez.
XS
SM
MD
LG