Tautan-tautan Akses

Pentagon Ajukan Program untuk Cegah Pelecehan Seksual


Menhan AS Leon Panetta bertekad mencegah pelecehan seksual dalam militer Amerika.

Menhan AS Leon Panetta bertekad mencegah pelecehan seksual dalam militer Amerika.

Menhan AS Leon Panetta mengatakan bahwa satu insiden pelecehan seksual dalam militer Amerika 'sudah terlalu banyak'.

Menteri Pertahanan Amerika, Leon Panetta telah mengajukan program baru yang tegas untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual dalam militer Amerika, dengan mengatakan “satu pelecehan seksual sudah terlalu banyak”.

Berbicara di Pentagon hari Rabu (18/1), Leon Panetta mengatakan program baru itu akan mencakup sejumlah langkah yang mengijinkan anggota militer yang mengajukan gugatan pelecehan seksual, untuk dipindahkan secepatnya ke satuan atau pangkalan baru guna menghindari pelecehan atau kontak dengan tersangka penyerang.

Sebagai tambahan, arsip-arsip tertulis atas kasus pelecehan seksual akan disimpan selama 50 tahun sehingga anggota-anggota militer dapat mengupayakan bantuan puluhan tahun setelah insiden tersebut, dari Kantor Urusan Administrasi Veteran.

Rencana baru Leon Panetta termasuk upaya-upaya pelatihan baru bagi mereka yang menolong korban pelecehan, atau bagi penyelidik kriminal dan hakim-hakim militer. Istri dan orang dewasa yang menjadi tanggungan anggota militer yang dilecehkan juga bisa memperoleh bantuan dari pihak militer berwenang. Dan ia mengatakan, para komandan kini akan menerima lebih banyak pelatihan tentang pencegahan pelecehan seksual.

Menteri Pertahanan Leon Panetta mengatakan, tahun lalu hampir 3.200 kasus pelecehan seksual diajukan oleh para anggota militer. Tetapi ia mengatakan jumlah itu jauh di bawah yang dilaporkan dan para pejabat militer memperkirakan ada sekitar 19.000 kasus terjadi setiap tahun.

XS
SM
MD
LG