Tautan-tautan Akses

Menhan AS Khawatir Nasib Dokter Pakistan yang Jadi Intel AS


Dokter Pakistan Shikal Afridi memberikan informasi penting bagi operasi penangkapan Osama di komplek Abbottabad, Pakistan (foto: dok).

Dokter Pakistan Shikal Afridi memberikan informasi penting bagi operasi penangkapan Osama di komplek Abbottabad, Pakistan (foto: dok).

Menhan AS Leon Panetta mengkhawatirkan nasib seorang dokter Pakistan yang membantu Amerika menemukan pemimpin Al-Qaida Osama bin Laden.

Menteri Pertahanan Amerika, Leon Panetta mengatakan kepada stasiun televisi CBS, dokter Pakistan Shikal Afridi telah memberikan informasi intelijen penting bagi Amerika. Informasi yang diberikan dokter Afridi "sangat membantu" dalam kesuksesan penyerbuan pasukan khusus Navy SEAL terhadap kompleks persembunyian bin Laden di Abbottabad bulan Mei tahun lalu. Wawancara Panetta tersebut akan ditayangkan hari Minggu.

Pakistan telah menangkap Afridi, menuduhnya melakukan pengkhianatan. Dokter, yang bekerja untuk intelijen Amerika itu, melakukan program vaksinasi untuk mengumpulkan DNA untuk memverifikasi keberadaan bin Laden di dalam kompleks itu.

Panetta mengatakan penangkapan Pakistan atas "seseorang yang membantu memerangi terorisme" adalah "kekeliruan besar."

Menteri Pertahanan Panetta mengatakan ia yakin seseorang yang berwenang di Pakistan tahu di mana bin Laden bersembunyi. Panetta mengatakan ada laporan intelijen yang menyebutkan helikopter-helikopter militer Pakistan melintasi kompleks bin Laden, yang merupakan salah satu yang terbesar di daerah itu dan dikelilingi tembok setinggi 5.5 meter.

Panetta mengakui bahwa ia tidak memiliki bukti kuat apakah pemerintah Pakistan mengetahui di mana Osama bin Laden berada, tetapi menurut pandangan pribadinya, ada orang (di dalam pemerintah Pakistan) yang mengetahuinya.

XS
SM
MD
LG