Tautan-tautan Akses

Pemangkasan Anggaran Pertahanan AS Tak Separah yang Terkesan


Menteri Pertahanan AS Leon E. Panetta (kiri) bersama Ketua Gabungan Kepala Staf Militer AS, Jenderal Martin E. Dempsey (foto: dok).

Menteri Pertahanan AS Leon E. Panetta (kiri) bersama Ketua Gabungan Kepala Staf Militer AS, Jenderal Martin E. Dempsey (foto: dok).

Pemerintahan Obama mengusulkan pemangkasan anggaran pertahanan hampir 500 juta dolar selama dekade mendatang.

Pemerintahan Obama mengatakan akan mengusulkan kepada Kongres untuk mengurangi 100 ribu personil pasukan darat Amerika. Usulan ini sebagai bagian dari pemangkasan anggaran pertahanan hampir 500 juta dolar selama dekade mendatang, namun para pakar mengatakan dampaknya tidak separah dari yang terkesan.

Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan kepada wartawan di Pentagon Kamis bahwa pemerintah akan meminta anggaran pertahanan sebesar 525 miliar untuk tahun 2013, atau lebih kecil 6 miliar dolar dari tahun fiskal yang berjalan saat ini dan berakhir 30 September.

Namun Ralph Cossa, ketua kelompok riset Pacific Forum, mengatakan pemangkasan yang diusulkan merupakan pengurangan dari proyeksi pengeluaran, bukan dari pengeluaran saat ini.

Cossa mengatakan pemangkasan itu berarti anggaran akan meningkat lebih sedikit dari tahun ke tahun daripada yang direncanakan sebelumnya.

Panetta mengatakan rencana itu akan meningkatkan anggaran Pentagon menjadi 567 miliar dolar pada tahun 2017.

Panetta mengatakan, Kamis, departemen pertahanan juga akan meminta dana tambahan 88 miliar dolar untuk operasi di luar negeri yang akan mempertahankan dukungan bagi pasukan di Afghanistan. Rencana itu juga mencakup pengalihan fokus ke kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Cossa dari Pacific Forum mengatakan, pemangkasan yang paling signifikan adalah dalam jumlah pasukan darat, namun menambahkan bahwa pengurangan itu kemungkinan dilakukan secara bertahap seiring bertambahnya anggota militer yang pensiun atau kembali ke kehidupan sipil.

XS
SM
MD
LG