Tautan-tautan Akses

Pengusaha AS Keturunan Korea akan Kelola Resor Kumgang di Korut


Para wistawan asal Korea Selatan bermain-main di kawasan wisata Gunung Kumgang di Korea Utara (foto: dok.).

Para wistawan asal Korea Selatan bermain-main di kawasan wisata Gunung Kumgang di Korea Utara (foto: dok.).

Steve Park mengaku menandatangani nota kesepahaman dengan Korea Utara untuk mengoperasikan kawasan wisata yang disengketakan.

Seorang pengusaha AS telah mengatakan kepada media Korea Selatan bahwa ia telah menandatangani nota kesepahaman dengan Korea Utara untuk mengoperasikan kawasan wisata yang disengketakan di Utara.

Kantor berita Yonhap mengutip pengusaha Amerika keturunan Korea Steve Park pada hari Rabu yang mengatakan ia menandatangani kesepakatan itu pada tanggal 25 Juli. Katanya perjanjian itu meminta perusahaannya untuk mengiklankan, mencari investasi dan membawa wisatawan ke daerah wisata Gunung Kumgang.

Park mengatakan ia berencana untuk mengunjungi Korea Utara minggu depan untuk membahas rencana lebih terinci.

Hyundai Asan yang berbasis di Korea Selatan menginvestasikan jutaan dolar di resor itu, yang termasuk hotel, restoran dan lapangan golf. Orang Korea Selatan telah dilarang pergi ke Gunung Kumgang karena seorang pengunjung tewas oleh penjaga Korea Utara pada tahun 2008, dan Pyongyang menyita aset-aset itu ketika Selatan menolak untuk melanjutkan tur ke sana.

Chosun, koran Korea Selatan mengutip seorang pejabat pemerintah yang mengatakan dia yakin pemerintah AS tidak akan mengijinkan kesepakatan terlaksana.

XS
SM
MD
LG