Tautan-tautan Akses

Palang Merah Korsel Tawarkan Bantuan Pangan kepada Korut


Truk-truk Korea Selatan membawa 300 ton bantuan tepung bagi rakyat Korut (26/7).

Truk-truk Korea Selatan membawa 300 ton bantuan tepung bagi rakyat Korut (26/7).

Palang Merah Korsel mengatakan menawarkan bantuan sebesar 4,7 juta dolar dalam bentuk obat-obatan dan kebutuhan lainnya.

Palang Merah Korea Selatan menawarkan jutaan dolar bantuan kepada Korea Utara sebagai langkah yang mencerminkan peredaan ketegangan antara kedua negara tetangga yang bermusuhan itu.

Palang Merah mengatakan pihaknya mengirim pesan ke mitranya di Pyongyang hari Rabu, menawarkan bantuan 4,7 juta dolar dalam bentuk obat-obatan dan kebutuhan lainnya. Organisasi independen itu mengatakan dana untuk upaya bantuan itu disediakan oleh pemerintah Korea Selatan.

Tidak ada tanggapan segera dari Korea Utara atas tawaran itu, yang pekan ini mengungkapkan negara itu telah mengalami kerusakan parah pada tanaman dan puluhan orang tewas sewaktu terjadi banjir besar bulan lalu.

Korea Selatan memutuskan hampir semua hubungan dengan Korea Utara setelah penenggelaman kapal perang bulan Maret 2010 dan serangan artileri terhadap sebuah pulau Korea Selatan bulan November lalu. Namun diplomat dari kedua negara mengadakan pembicaraan dalam konferensi keamanan regional di Bali akhir bulan lalu, dan para pejabat Korea Utara berada di New York untuk pembicaraan dengan para pejabat Amerika minggu lalu.

XS
SM
MD
LG