Tautan-tautan Akses

Korea Selatan dan Utara Gagal Capai Kesepakatan soal Resor Kumgang


Air terjun Kuryong yang terletak di resor Gunung Kumgang di Korea Utara, tak jauh dari perbatasan Korea Selatan.
Air terjun Kuryong yang terletak di resor Gunung Kumgang di Korea Utara, tak jauh dari perbatasan Korea Selatan.

Korsel tidak menerima syarat-syarat perundingan yang ditetapkan Pyongyang, dalam sengketa resor turis yang ditutup Korut.

Korea Selatan hari Rabu mengatakan pihaknya gagal mencapai kesepakatan dengan Korea Utara tentang syarat-syarat perundingan, dalam sengketa resor turis yang ditutup di Korea Utara.

Korea Utara setuju dengan syarat hari Selasa untuk menghadiri pertemuan pekan ini, meningkatkan harapan adanya terobosan setelah pembicaraan ramah tamah antar kedua Korea di Bali pekan lalu. Namun, pejabat-pejabat Kementerian Unifikasi Korea Selatan hari Rabu mengatakan, mereka tidak dapat menerima syarat-syarat Korea Utara dan bersiap melakukan tawaran banding.

Korea Selatan telah mengusulkan pembicaraan putaran ketiga antar para pejabat pemerintah dilaksanakan hari Jumat di Gunung Kumgang, sebuah resor mewah yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan Korea Selatan.

Dalam dua pertemuan sebelumnya Korea Selatan mengirim sejumlah kelompok pejabat pemerintah dan pebisnis ke resor tersebut tetapi tidak berhasil melakukan pembicaraan penting.

Dalam komentarnya hari Selasa, Korea Utara mengatakan tidak ada gunanya menyelenggarakan pertemuan kecuali para eksekutif bisnis ikut dengan pejabat pemerintah ke resor tersebut.

XS
SM
MD
LG