Tautan-tautan Akses

Pemogokan Ancam Pasokan Bahan Bakar di Perancis


Aksi protes di Marseille, Perancis selatan menentang rencana pemerintah menaikkanbatas usia pensiun.
Aksi protes di Marseille, Perancis selatan menentang rencana pemerintah menaikkanbatas usia pensiun.

Para pekerja Perancis menutup fasilitas penyulingan minyak sebagai protes atas rencana pemerintah menaikkan usia pensiun.

Perancis menghadapi risiko kekurangan bahan bakar karena para pekerja menutup fasilitas penyulingan minyak sebagai protes atas rencana pemerintah menaikkan usia pensiun dan sejumlah reformasi di pelabuhan.

Pemogokan tersebut mengganggu operasi penyulingan minyak di delapan dari 12 fasilitas di Perancis, hari Rabu. Perusahaan minyak terbesar Perancis, Total, menyatakan pemogokan itu menyebabkan perusahaan menutup secara bertahap enam fasilitasnya di negara tersebut.

Para pejabat industri perminyakan mengatakan jika pemogokan di fasilitas itu berlanjut, kekurangan di pom bensin dapat terasa dalam waktu sepekan.

Pemerintah hari Rabu menyatakan akan meneguhkan keputusannya menaikkan usia pensiun dari 60 menjadi 62 tahun dan kelayakan usia menerima pensiun penuh dari 65 menjadi 67 tahun. Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan perubahan-perubahan itu diperlukan untuk mengurangi defisit anggaran Perancis yang sangat besar.

XS
SM
MD
LG