Tautan-tautan Akses

Warga Perancis Kembali Protes Reformasi Pensiun


Ribuan warga di kota Marseille, Perancis selatan kembali turun ke jalan untuk menentang pengunduran usia pensiun, 2 Oktober 2010.

Ribuan warga di kota Marseille, Perancis selatan kembali turun ke jalan untuk menentang pengunduran usia pensiun, 2 Oktober 2010.

Hampir 3 juta warga berdemonstrasi di kota-kota Perancis hari Sabtu untuk memprotes rencana memperpanjang usia pensiun.

Pemimpin-pemimpin Serikat Buruh mengatakan, hampir 3 juta orang berdemonstrasi di kota-kota di seantero Perancis hari Sabtu untuk memprotes rencana memperpanjang usia pensiun di negara itu.

Pemimpin-pemimpin serikat buruh mengatakan, besarnya jumlah demonstran di 200 rapat umum menunjukkan penentangan terhadap rencana pemotongan biaya kian meningkat, namun, perkiraan resmi pemerintah Perancis atas jumlah demonstran itu, jauh lebih kecil.

Demonstrasi itu merupakan rangkaian terbaru dari sengketa yang kini berlangsung antara pemerintah-pemerintah di Eropa yang dililit utang dengan serikat buruh atas rencana pengetatan anggaran.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan memperpanjang usia pensiun minimum dari 60 ke 62 mulai tahun 2018 diperlukan untuk menyelamatkan sistem pensiun Perancis dari kebangkrutan. Serikat buruh mengatakan, perubahan itu terlalu ekstrim dan mereka tidak pernah dikonsultasi.

Majelis Rendah Perancis menyetujui rencana itu bulan lalu dan Majelis Tinggi diperkirakan akan membahas langkah itu di hari-hari mendatang.

XS
SM
MD
LG