Tautan-tautan Akses

Protes Berlanjut di Perancis, Demonstran Hambat Jalur BBM


Demonstran memblokade fasilitas penyulingan minyak di Saint-Nazaire, Perancis barat untuk memprotes reformasi pensiun pemerintah hari ini.

Demonstran memblokade fasilitas penyulingan minyak di Saint-Nazaire, Perancis barat untuk memprotes reformasi pensiun pemerintah hari ini.

Menteri Perhubungan Perancis Dominique Bussereau menyatakan pasokan BBM atau bahan bakar tidak akan terganggu.

Polisi anti huru hara Perancis mendobrak blokade demonstran untuk membuka kembali depot BBM, bahkan selagi para pekerja kilang minyak Perancis memutus saluran pipa BBM ke Paris dan Bandara kota itu dalam pertarungan yang kian memanas mengenai reformasi pensiun.

Anggota serikat pekerja menutup ke 12 penyulingan minyak Perancis hari Jumat, pada hari ke-4 aksi protes, menambah kekhawatiran akan kelangkaan bahan bakar dan memicu kenaikan harga minyak.

Menteri Perhubungan Perancis Dominique Bussereau berusaha menenangkan situasi, dengan menyatakan pasokan BBM atau bahan bakar tidak akan terganggu.

Tetapi, kepala industri BBM Perancis Jean-Louise Schilansky mengatakan jika pemogokan berlanjut, situasi akan menjadi "sangat serius".

Schilansky mengatakan, pemerintah telah mengizinkan industri untuk mengucurkan cadangan strategis mereka guna memasok pasar.

Mahasiswa berdemonstrasi di luar kantor perdana menteri, sementara para demonstran muda menjadi lebih garang di Perancis selatan, melempar batu ke arah polisi dan melakukan pembakaran di jalanan. Polisi menahan lebih dari 16 mahasiswa.

XS
SM
MD
LG