Tautan-tautan Akses

Pemimpin India, Pakistan Bahas Terorisme dan Perdagangan


PM India Narendra Modi (kanan) berjabat tangan dengan PM Pakistan Nawaz Sharif sebelum memulai pertemuan bilateral di New Delhi, India (27/5).

PM India Narendra Modi (kanan) berjabat tangan dengan PM Pakistan Nawaz Sharif sebelum memulai pertemuan bilateral di New Delhi, India (27/5).

PM India Narendra Modi bertemu dengan PM Pakistan Nawaz Sharif di New Delhi (27/5), untuk membahas hubungan kedua negara.

Perdana Menteri India Narendra Modi mendesak sejawatnya dari Pakistan, Nawaz Sharif, untuk menumpas militansi dalam perbincangannya di New Delhi, Selasa (27/5).

Kedua pemimpin negara yang telah lama bersaingan itu tersenyum dan berjabat tangan sebelum mengadakan pembicaraan hari Selasa di New Delhi pada hari pertama Modi menjabat sebagai perdana menteri.

Dalam pernyataannya kepada wartawan setelah pembicaraan, PM Sharif mengatakan kedua pemimpin sepakat bahwa pertemuan mereka di New Delhi merupakan kesempatan bersejarah bagi kedua negara. Pemimpin Pakistan itu mengatakan, ia dan Modi bisa membuka babak baru hubungan kedua negara.

Pemimpin Pakistan juga mengatakan ia mengatakan kepada PM India bahwa mereka harus berusaha mengubah konfrontasi menjadi kerjasama, dan bahwa sikap saling tuduh adalah kontra-produktif.

Modi secara tak diduga mengundang Sharif ke pelantikannya, yang diadakan Senin malam. Ini adalah pertama kalinya seorang pemimpin Pakistan menghadiri upacara demikian. Kedua perdana menteri juga membahas upaya menormalkan hubungan perdagangan.

Tindakan Modi mengundang PM Pakistan ke upacara pelantikannya dianggap sebagai sinyal bahwa pemimpin India yang baru itu akan memusatkan perhatian pada peningkatan hubungan dengan negara-negara tetangga.

Hubungan antara kedua tetangga bersenjata nuklir itu memburuk setelah serangan Mumbai tahun 2008 di mana militan Pakistan menewaskan 166 orang.
XS
SM
MD
LG