Tautan-tautan Akses

Taliban Pakistan Perpanjang Gencatan Senjata


Shahidullah Shahid, juru bicara Taliban Pakistan (Foto: dok).

Shahidullah Shahid, juru bicara Taliban Pakistan (Foto: dok).

Juru bicara Taliban Pakistan, Shahidullah Shahid, hari Jum’at (4/4) mengatakan akan memperpanjang gencatan senjata hingga tanggal 10 April.

Taliban Pakistan mengatakan telah memperpanjang gencatan senjata yang sebelumnya ditetapkan selama satu bulan. Juru bicara Taliban Pakistan Shahidullah Shahid hari Jum’at (4/4) mengatakan gencatan senjata itu diperpanjang hingga tanggal 10 April.

Kelompok militan itu menggagas gencatan senjata 1 Maret lalu agar perundingan perdamaian dengan pemerintah bisa dimulai kembali.

Taliban Pakistan memutuskan untuk memperpanjang gencatan senjata menyusul pengumuman hari Kamis (3/4) bahwa pemerintah Pakistan akan membebaskan sedikitnya 16 tahanan Taliban.

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif yang mulai berkuasa tahun lalu berjanji untuk mengupayakan perundingan guna mengakhiri pemberontakan di Pakistan.

Sejumlah serangan udara pasukan pemerintah telah menghantam tempat-tempat persembunyian militan di bagian barat daya Pakistan.

Taliban Pakistan ingin menggulingkan pemerintah dan mendirikan pemerintahan sendiri berlandaskan Islam garis keras di seluruh negara itu. Serangan militan telah menewaskan puluhan ribu warga Pakistan.
XS
SM
MD
LG