Tautan-tautan Akses

India Undang PM Pakistan ke Pelantikan PM Baru


PM terpilih India, Narendra Modi (depan) akan resmi dilantik pada tanggal 26 Mei mendatang (foto: dok).

PM terpilih India, Narendra Modi (depan) akan resmi dilantik pada tanggal 26 Mei mendatang (foto: dok).

PM Pakistan Nawaz Sharif mengucapkan selamat kepada PM terpilih India Narendra Modi lewat percakapan telepon minggu lalu.

Perdana menteri Pakistan termasuk para pemimpin yang diundang ke pelantikan perdana menteri terpilih India Narendra Modi.

Nirmala Sitharaman, jurubicara Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi, hari Rabu mengatakan semua kepala pemerintahan ke-delapan anggota Asosiasi Asia Selatan Untuk Kerjasama Regional (SAARC) diundang ke acara tanggal 26 Mei itu.

Dalam pesan di Twitter, Sitharaman menyebut undangan itu “ungkapan yang bertanggungjawab.” Juru bicara kementerian luar negeri India Syed Akbaruddin mengatakan Menteri Luar Negeri India Sujatha Singh hari Rabu (21/5) mengirim undangan kepada para pemimpin itu dan kini menanti tanggapan mereka.

Tidak jelas apakah PM Pakistan Nawaz Sharif akan hadir. India dan Pakistan – dua saingan lama – telah berperang tiga kali sejak merdeka dari Inggris tahun 1947.

Modi naik ke kursi PM setelah partainya meraih jumlah kursi mayoritas di majelis rendah parlemen menurut hasil pemilu yang diumumkan 16 Mei. PM Sharif mengucapkan selamat kepada Modi lewat percakapan telepon minggu lalu.
XS
SM
MD
LG