Tautan-tautan Akses

Pemerintah Suriah akan Hadiri Pembicaraan Perdamaian di Jenewa


Pasukan setia Presiden Bashar al-Assad membawa senjatanya sambil berpatroli di desa Aziza, Aleppo (25/11).

Pasukan setia Presiden Bashar al-Assad membawa senjatanya sambil berpatroli di desa Aziza, Aleppo (25/11).

Pemerintah Suriah mengatakan akan berpartisipasi dalam pembicaraan perdamaian PBB yang ditetapkan berlangsung bulan Januari mendatang di Jenewa.

Kementerian Luar Negeri Suriah mengatakan akan mengirim sebuah delegasi, Rabu (27/11), namun menegaskan bahwa pemerintah Presiden Bashar al-Assad tidak akan menyerahkan kekuasaan.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengumumkan penyelenggaraan konferensi yang sudah lama ditunggu-tunggu itu sebelumnya pekan ini. Tujuan konperensi itu adalah membentuk pemerintah transisi yang disepakati kedua pihak dan akan memimpin negara itu ke luar dari konflik yang telah menewaskan lebih dari 100.000 ribu orang dan membuat jutaan lainnya terpaksa mengungsi sejak Maret 2011. Pihak lain yang akan berpartisipasi dalam pembicaraan itu masih belum jelas.

Kelompok oposisi Suriah di pengasingan, Koalisi Nasional Suriah, mengatakan, Selasa (26/11), mereka belum membuat keputusan apakah akan ikut berpartisipasi, namun menegaskan bahwa Assad seharusnya tidak memiliki peranan dalam masa depan negara itu.
XS
SM
MD
LG