Tautan-tautan Akses

PBB: Atasi Masalah Terorisme dan Krisis Suriah Penting Bagi Stabilitas Irak


Utusan khusus PBB untuk Irak Nickolay Mladenov (Foto: dok).

Utusan khusus PBB untuk Irak Nickolay Mladenov (Foto: dok).

Utusan khusus PBB untuk Irak Nickolay Mladenov melaporkan kepada Dewan Keamanan bahwa masalah yang paling mendesak di Irak adalah situasi keamanan yang memburuk.

Dewan Keamanan PBB mengutuk banyaknya serangan baru-baru ini di Irak, sementara ketua misi PBB di sana menegaskan perlunya usaha untuk mengatasi ancaman teroris dan menyelesaikan krisis Suriah, tetangga Irak.

Utusan khusus untuk Irak Nickolay Mladenov memberi keterangan kepada Dewan Keamanan, Senin (25/11), dan mengatakan masalah yang paling mendesak adalah situasi keamanan yang memburuk.

Mladenov mengatakan kepada dewan itu bahwa teroris berusaha membuat beberapa wilayah Irak tidak terkontrol dan menciptakan siklus kekerasan seperti yang pernah dialami negara itu antara tahun 2006 dan 2008.

Misi PBB di Irak memperkirakan bahwa hampir 9 ribu warga sipil dan tentara Irak tewas sejak Juli tahun 2013 -- tahun yang paling banyak menelan korban jiwa sejak 2008.

Mladenov mengatakan hubungan lintas perbatasan antara kelompok-kelompok ekstrimis dan kekerasan yang berlangsung di Suriah memperluas akibat ketegangan sektarian. Ia mengatakan menyelesaikan krisis Suriah dan menerapkan strategi regional untuk mengatasi segala bentuk ekstrimisme agama dan kesukuan sangat penting untuk menciptakan keamanan di Irak.
XS
SM
MD
LG