Tautan-tautan Akses

Putin, Paus Fransiskus Setuju Perlunya Diplomasi di Suriah


Paus Fransiskus menerima kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) di Vatikan hari Senin (25/11).

Paus Fransiskus menerima kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) di Vatikan hari Senin (25/11).

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Paus Fransiskus sepakat tentang perlu diakhirinya kekerasan dan penyelesaian secara diplomatis di Suriah.

Presiden Rusia Vladimir Putin Fransiskus melakukan apa yang disebut Vatikan sebagai diskusi yang baik dengan Paus di Vatikan hari Senin (25/11).

Pembicaraan mereka terpusat pada Suriah, di mana Paus Fransiskus mengatakan pembicaraan damai harus melibatkan berbagai kelompok agama dan etnis serta peran mereka dalam masyarakat Suriah.

Putin juga berterima kasih kepada Paus Fransiskus atas surat yang dikirim langsung ke presiden Rusia dalam pertemuan G20 bulan September di St Petersburg. Di dalam surat tersebut, Paus Fransiskus menghimbau kehidupan yang bermartabat bagi semua umat manusia, dengan mengatakan ekonomi dunia tidak dapat berkembang tanpa keadilan tersebut.

Paus Fransiskus dan Putin juga bertukar hadiah. Putin menyampaikan pesan pribadi dari kepala Gereja Ortodoks Rusia, tetapi tidak mengundang Paus Fransiskus untuk mengunjungi Moskow.

Hubungan antara gereja Ortodoks Rusia dan gereja Katolik tidak harmonis sejak berabad-abad karena adanya tuduhan lama bahwa Vatikan berusaha merekrut umat gereja Ortodoks Rusia – tuduhan yang selalu dibantah oleh Vatikan.
XS
SM
MD
LG