Tautan-tautan Akses

Pemerintah Sementara Ukraina Mobilisasi Militer Penuh


Tentara Ukraina berjaga di sebuah gerbang markas tentara infanteri di Privolnoye, Ukraina, Minggu (2/3).

Tentara Ukraina berjaga di sebuah gerbang markas tentara infanteri di Privolnoye, Ukraina, Minggu (2/3).

Pemerintah sementara Ukraina memerintahkan mobilisasi militer penuh hari Minggu, (2/3) dalam usaha untuk menghadapi apa yang dikatakan perdana menteri barunya aksi militer Rusia.

Dalam pidatonya di hadapan parlemen, Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk memperingatkan bahwa “kita berada di ambang bencana.” Ia mengatakan demikian sementara pasukan Rusia memperkuat kehadiran mereka di semenanjung Krimea Ukraina, dan pemerintah negara-negara Barat mengeluarkan kutukan demi kutukan atas penempatan pasukan Rusia.

Dengan pasukan Rusia mengelilingi bandara-bandara dan pangkalan militer Ukraina, Jerman mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah sepakat dengan Kanselir Angela Merkel untuk membentuk misi pencari fakta mengenai Ukraina.

Seorang juru bicara pemerintah Jerman tidak memberi keterangan lebih jauh. Tetapi, ia mengatakan misi itu dan “kelompok kontak” yang menyertainya yang bertujuan untuk membangkitkan dialog Ukraina-Rusia, dapat dipimpin oleh Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa – kelompok pencegahan krisis dan pengelolaan konflik yang terbesar di benua itu.
XS
SM
MD
LG