Tautan-tautan Akses

Ukraina Kerahkan Tentara Cadangan


Perdana Menteri sementara Ukraina Arseniy Yatsenyuk menjawab pertanyaan media setelah sesi parlemen darurat di Kyiv, Ukraina (2/3). (AP/Andrew Kravchenko)

Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk, dalam pidato di hadapan parlemen, mengingatkan para anggota parlemen bahwa “kita berada di jurang bencana”.

Pemerintah sementara Ukraina memerintahkan mobilisasi militer secara penuh, Minggu (2/3), guna mengatasi apa yang digambarkan perdana menteri baru negara itu sebagai langkah perang Rusia.

Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk, dalam pidato di hadapan parlemen, mengingatkan para anggota parlemen bahwa “kita berada di jurang bencana”. Ia berbicara sementara pasukan Rusia terus mengambil posisi di Semenanjung Krimea, Ukraina dan negara-negara Barat mengeluarkan kecaman berulang kali terhadap pengiriman pasukan Rusia tersebut.

NATO menyelenggarakan pertemuan darurat Minggu untuk membahas krisis ini, dengan Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmusen mengatakan krisis itu mengancam perdamaian dan stabilitas di seluruh Eropa. Ia mendesak Rusia untuk “meredakan” ketegangan di kawasan itu.

Kantor berita Rusia mengatakan Presiden Vladimir Putin mengatakan kepada Presiden Barack Obama Sabtu malam bahwa Rusia berhak melindungi etnis Rusia di Krimea dan Ukraina Timur.
XS
SM
MD
LG