Tautan-tautan Akses

Ukraina Kerahkan Pasukan Militer Cadangan untuk Tanggapi Rusia


Protes di Ukraina

Protes di Ukraina

Ukraina telah mengerahkan pasukan militer cadangan sebagai tanggapan atas persetujuan parlemen Rusia untuk mengerahkan pasukan ke Krimea.

Pengawal perbatasan Ukraina melaporkan semua perbatasan negara itu stabil, kecuali Krimea, setelah parlemen Rusia menyetujui pengerahan pasukan ke Krimea.

Tapi pejabat keamanan tertinggi Ukraina, Andriy Paruby, mengatakan tentara cadangan telah dikerahkan untuk menjamin keamanan dan integritas wilayah Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Ramussen mengatakan langkah Rusia itu mengancam kestabilan dan kedamaian di Eropa. Dia juga mendesak Rusia agar meredakan ketegangan di wilayah tersebut.

Presiden Amerika Barack Obama melangsungkan pembicaraan telepon selama 90 menit dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengungkapkan apa yang disebut Gedung Putih keprihatinan mendalam atas apa yang sedang terjadi di Ukraina.

Para pejabat mengatakan, Obama mengatakan kepada Presiden Rusia itu bahwa Rusia jelas melanggar kedaulatan Ukraina dan Hukum Internasional.

Presiden Obama mengatakan Amerika membatalkan partisipasinya dalam pertemuan mempersiapkan KTT ekonomi G-8 tahun ini di Sochi, Rusia.

Kantor Berita Rusia mengatakan Putin mengatakan kepada Obama bahwa Moskow memiliki hak untuk melindungi etnis Rusia jika ada kekerasan di Krimea dan Ukraina timur.

Obama mengatakan cara yang pantas untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan melakukan komunikasi langsung dengan pemerintah Ukraina dan melalui para pengamat internasional.

Sementara itu, Inggris mengikuti jejak Amerika yang menangguhkan partisipasinya dalam pertemuan untuk mempersiapkan KTT ekonomi G-8 tahun ini di Sochi, Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG