Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan AS: Pemantauan Telepon Warga AS oleh NSA Ilegal


Edward Snowden membocorkan dokumen tentang pengumpulan catatan telepon warga AS oleh NSA (foto: dok).

Edward Snowden membocorkan dokumen tentang pengumpulan catatan telepon warga AS oleh NSA (foto: dok).

Pengadilan Banding AS memutuskan bahwa pengumpulan catatan telepon warga Amerika oleh badan keamanan nasional AS (NSA) adalah ilegal.

Pengadilan Banding Amerika di New York memutuskan hari Kamis (7/5) bahwa pengumpulan catatan telepon warga Amerika oleh NSA adalah ilegal, dan melampaui lingkup dari otorisasi yang diberikan oleh Kongres.

"Kita tidak bisa mengatakan secara beralasan bahwa Kongres telah meratifikasi sebuah program dimana banyak anggota Kongres serta publik tidak tahu,” demikian opini dari panil tiga hakim di Peradilan Banding Sirkuit Kedua itu.

Keputusan ini dibuat sehubungan gugatan yang diajukan oleh American Civil Liberties Union Amerika yang mempersoalkan kumpulan pembicaraan telepon oleh NSA dan oleh agen mata-mata disebut "metadata" – yakni jutaan catatan sambungan telepon, termasuk sejumlah nomor dan waktu penelponan dilakukan, meskipun materi pembicaraan tidak termuat.

Pengawasan itu tidak diketahui oleh semua orang Amerika sampai dua tahun lalu ketika mantan kontraktor NSA Edward Snowden membocorkan dokumen tentang pekerjaan mata-mata NSA. Edward Snowden pada akhirnya memperoleh suaka di Rusia.

Pengadilan tidak sampai menetapkan keabsahan pengumpulan data itu oleh NSA, tetapi katanya, pekerjaan memata-matai NSA itu melampaui otorisasi dari Kongres. Katanya, hukum yang dipakai pemerintah untuk merestui pekerjaan mata-mata ini “tidak pernah diinterpretasikan sebagai punya wewenang seluas seperti yang dilakukan oleh NSA.

XS
SM
MD
LG