Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Direktur CIA Didenda karena Bocorkan Rahasia


David Petraeus, mantan direktur CIA, mengaku bersalah membocorkan informasi rahasia kepada kekasih gelapnya (foto: dok).

David Petraeus, mantan direktur CIA, mengaku bersalah membocorkan informasi rahasia kepada kekasih gelapnya (foto: dok).

David Petraeus, mantan direktur CIA didenda 100.000 dolar dan dua tahun masa percobaan karena membocorkan rahasia kepada kekasih gelapnya.

David Petraeus, mantan direktur Badan Intelijen Amerika (CIA) hari Kamis (23/4) divonis denda 100.000 dollar dan dua tahun masa percobaan karena membocorkan informasi rahasia kepada kekasih gelapnya.

Ia meminta maaf atas, “semua kerugian akibat tindakan saya.”

Petraeus, usia 62 tahun, pernah menjadi pejabat militer Amerika paling vital semasa perang di Irak dan Afghanistan. Ia ditunjuk Presiden Barack Obama sebagai direktur CIA dimana ia menjabat selama setahun dan mengundurkan diri pada akhir tahun 2012.

Karir Petraeus bergejolak dua setengah tahun lalu setelah hubungan gelapnya dengan Paula Broadwell, yang sebelumnya menulis buku tentang purnawirawan itu, terbongkar.

Dalam sidang dua bulan lalu, Petraeus mengaku bersalah atas tuduhan mengambil dan menyimpan data rahasia secara tidak sah.

Jaksa mengatakan Petraeus memberi Broadwell delapan map berisi informasi rahasia yang disimpan diam-diam semasa menjadi komandan militer Amerika di Afghanistan.

Map-map itu berisi nama-nama agen rahasia, strategi perang koalisi dan catatan percakapannya dengan Presiden Obama dan Dewan Keamanan Nasional.

Jaksa mengatakan Petraeus, yang berkarir di angkatan darat Amerika selama hampir 40 tahun, awalnya berbohong kepada penyelidik dan membantah memberi informasi rahasia kepada Broadwell, namun kemudian setuju untuk mengaku bersalah bahwa dirinya telah membocorkan informasi rahasia.

XS
SM
MD
LG